Jumat, 18 April 2008

HIPHOP ASONGAN: Wadah untuk pemula.

Saya ingat pertama kali hiphop asongan diadakan di depan sebuah distro di daerah Buaran, Jakarta Timur. Tidak ada sound system besar, tidak ada set turntable, tidak ada lighting, dan tidak ada uang... Yang ada hanya Tape/CDJ milik raben, speaker beberapa ratus watt ceple-ceple, dan mikropon wireless murahan.



Saya ingat bahwa waktu itu bentuk promosi yang bisa dijalankan hanya berupa fotokopian flyer, mouth to mouth information dan posting promo acara di forum diskusi www.hiphopindo.net.
Tapi siapa sangka kalau acara hiphop asongan yang pertama jadi cukup rame. Banyak orang yang berhenti, entah menonton dari atas motor, melirik dari dalam mobil atau bahkan bus metromini. Saya ingat bahwa waktu itu jalanan sempat macet, tapi tidak ada keluhan. Nampaknya semua orang cukup penasaran dengan acara yang ada, dan tidak sempat mengajukan protes dengan keramaian orang serta musik yang dimainkan.



Beranjak dari Buaran, hiphop asongan ke dua saya adakan di pinggir jalan Fatmawati. Sebagai jalan yang cukup dikenal dan ramai setiap malam minggunya (berada di daerah selatan Jakarta), tentu saja hiphop asongan ke dua mendapatkan respon yang sangat positif. Banyak anak hiphop dari yang baru belajar sampai sudah mapan turut berpartisipasi. Crew-crew breakdance dari berbagai daerahpun bermunculan. Setiap kali diadakan, hiphop asongan memberikan wadah dan tempat buat para pelaku hiphop (entah musisi atau dancer/breakdancer) berekpresi. Tamu-tamu dari luar kota pun mulai berdatangan, entah dari propinsi Jawa lainnya, Sumatra, Kalimantan, sampai sejauh Ambon





Saat ini, hiphop asongan sedang digodok konsepnya untuk dilaksanakan yang ke 7 kali. Berbagai komunitas di banyak lokasi menawarkan diri untuk ambil bagian. Entahlah, mungkin di Pamulang? Mangga Dua? Bekasi??? Namanya juga acara bermodal dengkul dan uang secara kolektif (bersama teman-teman, huehehehe), harus dipikirkan matang-matang dan tidak sembarangan.

Well, moga-moga hiphop asongan yang selanjutanya tetap bisa jadi wadah kreasi dan inspirasi buat para pecinta musik hiphop di Indonesia.

3 komentar:

UniverSoul mengatakan...

Hip Hop Asongan keren, kami di Bali punya namanya "Street Talent Jam" dari Bali Hip Hop Community. baru jalan Juni tahun ini. Dengan peralatan yang mungkin lebih sederhana dari HHA. But we're rollin sampai sekarang.
Holla @ me kalo ke Bali, bareng keluarga lo nginep di rumah gue aja Gor.

Unknown mengatakan...

salut dan support buat hiphop asongan, karna hiphop memang berasal dari bawah. mengobati kerinduanku thd LETS DANCE yg belakangan menjadi "terlalu" komersil, kapan2 mampir ah..

Unknown mengatakan...

bang Igor di kota Semarang belum ada wadah buat para MC atau rapper kita belum mengenal satu sama lain
tolong adain juga Hip Hop Asongan di Semarang